Tumis Jantung Pisang

tumis jantung pisang

Tumis Jantung Pisang

Tumis jantung pisang – Banyak macam olahan yang dapat dibuat dengan jantung pisang salah satunya dengan menumis. Selain rasanya yang nikmat dibuat tumis, masakan ini bagus untuk badan karena menandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi).

Manfaat lainnya dari jantung pisang yaitu dianggap sangat membantu bagi perempuan, karena dapat bisa menyehatkan rahim, kaya akan antioksidan yang membantu meminimalkan radikal bebas yang berkembang sebagai hasil dari berbagai aktivitas metabolisme di dalam tubuh, mengandung serat yang membantu mengurangi kadar kolesterol darah, kaya zat besi dan serat yang membantu produksi sel darah merah.

Agar jantung pisang tidak hitam dan bebas getah, rebus lalu remas jantung pisang. Cara yang satu ini sangat mudah. Yang dibutuhkan hanya air secukupnya. Didihkan air terlebih dahulu, kecilkan api, potong jantung pisang jadi 4 bagian lalu masukkan dalam rebusan air. Pastikan jantung pisang tenggelam, masak sampai empuk sambil dibolak-balik. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, pindahkan jantung pisang dalam wadah, beri air bersih secukupnya. Lalu remas-remas hingga getahnya benar-benar hilang. Di sini nanti jantung pisang akan tampak lebih bersih dan bebas getah. Baru kemudian potong-potong sesuai selera untuk diolah jadi hidangan favorit.

Untuk mengurangi rasa pahit jantung pisang, bisa merebusnya terlebih dahulu dengan daun singkong. Cuci bersih jantung pisang dan beberapa lembar daun singkong. Didihkan air, lalu rebus jantung pisang bersama daun singkong tersebut. Setelah jantung pisang empuk bisa langsung diangkat dan dipotong sesuai selera.

Agar getah pahit keluar, rendam jantung pisang dengan air gram. Konsentrasi air garam yang tinggi bisa mengeluarkan getah pahit jantung pisang dengan lebih cepat. Nanti buang air rendamannya, baru direbus untuk diolah.

Untuk menumis jantung pisang, bahan dan cara pengolahannya sebagai berikut:

Bahan-bahan

  • 4 porsi
  • 2 bonggol jantung pisang nipah/kepok segar
  • 2 sdm ebi Manis
  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Secukupnya cabai rawit (bisa diganti cabai merah/cabai kering)
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir atau penyedap
  • Secukupnya minyak goreng untuk menumis

Proses Pengolahan:

  1. Bersihkan jantung pisang dan ambil mudanya saja
  2. Rebus jantung pisang sambil terus diaduk hingga air mendidih dan jantung pisang lembut
  3. Tiriskan jantung pisang
  4. Rendam ebi dengan air panas lebih kurang 2 menit lalu tiriskan
  5. Haluskan cabai, bawang merah, dan bawang putih
  6. Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan ebi, aduk sebentar, masukkan jantung pisang, aduk rata.
  7. Tambahkan garam, gula atau penyedap sesuai selera. Aduk rata, tes rasanya.
  8. Sajikan panas-panas.

Demikian bahan dan cara mengolah jantung pisang dengan cara ditumis. Anda dapat menambah atau mengurangi bahan sesuai dengan selera anda.

Mungkin Anda Menyukai