Sambal Goreng Kering Kentang

Sambal Goreng Kering Kentang

Sambal Goreng Kering Kentang

Sambal Goreng Kering Kentang – Kering kentang merupakan salah satu jenis lauk kering berbahan kentang. Enak dipadukan dengan nasi putih dan bisa disimpan lama. Bisa juga dipadukan dengan bahan lain seperti ebi, cabe dan ikan teri.

Baca Juga : Tumis Kentang Daging Cincang

Agar hasilnya garing, renyah dan tahan disimpan lama, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Pilih kentang yang segar, keras dan permukaannya mulus. Usahakan juga memilih kentang yang agak besar agar lebih mudah saat dipotong. Kentang tes bisa jadi pilihan tepat untuk membuat kering kentang.

Kupas kentang dan buang mata kentangnya lalu cuci bersih. Kentang bisa dipotong melintang tipis segi empat atau sebesar batang korek api. Bisa menggunakan alat serut kentang untuk menghasilkan ukuran yang sama tebalnya. Ukuran kentang yang sama besar membuat kentang matang bersamaan saat digoreng.

Air kapur sirih membantu membuat kentang teksturnya renyah saat sudah digoreng. Tambahkan 1 sdm air kapur sirih dalam 2-3 liter air dan rendam kentang selama minimal 30 menit. Tiriskan kentang bilas kembali dengan air bersih.

Untuk membuat kentang renyah, teknik menggorengnya harus dengan deep frying. Goreng kentang dalam minyak banyak dengan panas sedang hingga seluruh potongan kentang terendam minyak.

Bahan-bahan

  • 1 kg Kentang
  • 1/2 Lt minyak goreng
  • 1/4 kg Cabai merah rawit
  • 20 butir bawang merah
  • 15 butir bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 5 batang serai
  • 1 ruas lengkuas
  • 3 helai daun salam
  • 1 sachet penyedap
  • 1 sdt garam
  • secukupnya Gula merah disisir

Langkah

  1. Kupas kentang dan direndam dalam air agar kentang tidak berubah warna menjadi merah. Setelah semua kentang dikupas,iris tipis kentang menggunakan pisau,atau bisa juga menggunakan alat untuk membuat sriping agar irisan kentang menjadi tipis.
  2. Cuci kentang hingga bersih lalu tiriskan kentang pada wadah agar menetes.
  3. Panaskan minyak untuk menggoreng. Minyak yang dituang kedalam wajan cukup banyak,agar kentang bisa terendam minyak semua sehingga bisa menghasilkan kentang yang renyah.
  4. Setelah air tuntas,goreng kentang sedikit demi sedikit sampai kentang berubah warna agak kuning kecoklatan.
  5. Siapkan bumbu halus. (Semua bumbu dihaluskan kecuali serai,lengkuas,dan salam). Sisihkan sebagian bawang merah dan bawang putih untuk diiris.
  6. Setelah bumbu jadi,lalu tumis bawang merah dan bawang putih kedalam minyak panas, serta masukkan bumbu kedalam minyak aduk hingga harum aromanya. Masukkan irisan lengkuas, serai, salam hingga aroma rempah-rempahnya tercium kuat, dan masukan juga sedikit penyedap (selera) setelah itu masukkan kentang yang telah digoreng dengan api yang kecil.
  7. Aduk hingga rata dan masukkan gula merah yang telah disisir halus sambil terus diaduk. Setelah kentang tercampur bumbu dengan merata matikan api,tunggu kering hingga dingin baru dimasukkan kedalam wadah kedap udara (toples) agar kering kentang tetap renyah. Selamat mencoba

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *