Resep Wedang Tahu Semarang

Cara Membuat Wedang Tahu Semarang

Wedang tahu merupakan salah satu minuman tradisional yang terdiri dari jahe serta kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai yang memiliki tekstur menyerupai tahu Jepang. Minuman ini tak hanya memikliki rasa yang neka namun juga memiliki beberapa khasiat seperti untuk penghangat badan dan mengusir masuk angin yang tentunya sangat cocok untuk diminum ketika musim hujan ketika pagi maupun sore atau malam hari. Tahu yang digunakan dalam wedang satu ini terbentuk dari susu kedelai yang diberi air garam serta bubuk agar – agar yang dimasak sehingga menjadi kembang tqhu atau tahu sutra.

Penjual wedang tahu ni biasanya akan menajajakan dagangannya dengan berkeliling yang akan dipikulnya, namun kini juga banyak ditemui di berbagai rumah makan. Namun untuk anda yang ingin membuatnya sendiri tak perlu khawatir karena tak memerlukan cara yang tak begitu sulit dan hanya cukup mengikuti resep yang ada di bawha ini.

Bahan-bahan

300 ml susu kedelai/air tahu
½ sdt agar-agar bubuk warna putih
50 gram jahe parut, peras
150 gram gula merah
500 ml air
2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat

  1. Rebus susu kedelai/air tahu, daun pandan, dan agar-agar, masak hingga agak mengental dan mendidih, aduk rata dan dinginkan.
  2. Rebus air dan gula merah hingga mendidih dan gula larut, angkat dan saring. Masukkan air jahe.
  3. Siapkan mangkuk/cangkir, beri agar tahu yang sudah kental dengan cara disendok, tuangi air jahe.
  4. Hidangkan hangat.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kedelai, diyakini bisa menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu beragam macam penyakit serta penuaan dini. Jadi anda tak perlu khawatir lagi jika anda ingin mengkonsumsinya tiap hari.

Biasanya nada dapat menemui wedang tahu ini di penjual aneka wedang seperti wedang ronde, wedang kacang tanah, dll. Untuk menikmati wedang tahu ini juga cocok menggunakan ronde karena kuah jahe yang digunakanpun sama hanya berbeda isinya saja.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *