Resep Telur Pindang

Cara Membuat Telur Pindang

Telur merupakan salah satu makana yang paling praktis dan sangat mudah untuk diolah yang cocok untuk mengisi kebutuhan protein tubuh anda juga. Telur juga sering diolah menjadi bahan makana yang siap santap seperti telur asin yang sangat nikmat disantap menggunakan nasi putih hangat. Salah satu olahan telur lainnya yang sangat cocok untuk anda yang mencari kreasi masakan telur adalah telur pindang.

Di Indonesia, telur pindang direbus dengan daun jati, daun jambu biji, atau kulit bawang merah. Ketiga bahan itulah yang memberikan warna coklat pada telur pindang. Di Tiongkok, telur ini dijadikan sebagai kudapan. Sementara di Indonesia, telur pindang sering dijadikan lauk. Di Yogyakarta, telur pindang disantap dengan gudeg dan krecek. Telur ini sedikit berbeda dengan telur rebus yang biasanya, karena saat dikupas akan terlihat corak motiv dari telur pindang ini.

Mungkin anda sudah mengenal telur pindang, makanan khas dari Johor, Malaysia. Telur pindang memiliki tekstur indah seperti pualam retak. Walaupun aslinya berasal dari ranah Melayu, kini telur pindang sudah menjadi sajian kuliner di Indonesia.

Memasak telur pindang cukup rumit, namun jangan kuatir, kali ini kami akan sajikan resep membuat Telur Pindang dengan sederhana.

Bahan-bahan

6 butir telur
15 lembar daun jambu biji
1 sdm kulit bawang mera
1 potong lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 batang serai memarkan
1 sdm garam

Cara membuat

  1. Masukkan daun jambu dan bumbu yang lain dalam panci, letakkan telur, isi dengan air sampai telur terendam
  2. Tebus selama 20 menut, angkat telur keluar, rengatkan kulitnya supaya garam meresap dan telur menjadi bercorak cokelat
  3. Masak terus selama kira-kira 2 jam dengan api kecil

Tips

Untuk mendapatkan kulit bawang dalam jumlah agak banyak, bisa dikumpulkan dari sisa memasak tiap hari.
Gunakan api kecil dan waktu lama agar warna coklat lebih meresap ke dalam telur.
Makin banyak rempah yang digunakan, hasilnya telur makin wangi.

Baca juga :