Resep Sup Kambing

Cara Membuat Sup Kambing

Kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang banyak di ternakan pada perkampungan ataupun perdesaan. Bahkan banyak sekali olahan masakan yang dapat di sajikan dengan menggunakan daging kambing loh gaes. Salah satunya adalah sup kambing, seperti yang kita ketahui ya gaes, jika mendengar kata sup tentunya sajian masakan yang satu ini memiliki kuah yang sangat segar. Bukan hanya itu saja yang bisa kita dapatkan jika merasakan olahan daging kambing yang satu itu gaes. Sup daging kambing juga memiliki gandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat kreasi masakan dengan menggunakan daging kambing, anda bisa untuk mencoba resep yang ada pada artikel ini ya gaes.

Bahan-bahan Sup :

– Daging kambing 1kg
– Daun jeruk 8 lembar
– Kentang 1/4 kg
– Wortel besar 2 buah
– Bawang bombay besar 2 buah
– Bawang merah 13 butir
– Bawang putih 15 siung
– Kapulaga 4 butir
– Cengkeh 7 butir
– Bunga pekak 4 buah
– Jahe 50 gram (memarkan)
– Tomat merah besar 1 1/2 buah
– Daun bawang 3 batang (iris halus)
– Pala bubuk 2 sendok teh
– Ketumbar bubuk 2 sendok teh
– Kayu manis bubuk 1 sendok teh
– Lada bubuk 3 sendok teh
– Jeruk limau besar 4 buah
– Bawang goreng secukupnya
– Air, kaldu bubuk, garam dan minyak goreng secukupnya

Proses Pembuatan Sup Kambing

1. Pertama-tama daging tidak usah dicuci terlebih dahulu. Balansir daging kambing selama 3-4 menit (didihkan air, masukkan daging kambing lalu rebus selama 3-4 menit untuk menghilangkan darah dan kotoran pada daging). Aduk-aduk selama merebus agar darah dan kotoran tidak terbawa. Jangan merebus terlalu lama ya, nanti kandungan gizi daging kambing terbuang dalam proses ini.

2. Setelah direbus, tiriskan daging, cuci bersih kemudian potong kecil-kecil sesuai selera. Sambil memotong daging, didihkan air untuk kuah. Ketika air sudah mendidih masukkan potongan daging, tutup pancinya lalu masak daging sampai empuk.

3. Sambil menunggu daging empuk, silahkan tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe, bunga pekak, kapulaga, cengkeh, lada bubuk, ketumbar bubuk, pala bubuk dan kayu manis hingga harum dan layu. Pastikan bumbu matang ya bun, agar tidak berbau langu. Sisihkan.

4. Setelah itu masukkan kentang dan wortel ke dalam rebusan daging, biarkan empuk. Lalu masukkan pula bumbu yang telah ditumis tadi, aduk rata. Biarkan bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Tambahkan garam dan kaldu bubuk.

5. Ketika daging, kentang dan wortel sudah empuk, masukkan potongan tomat dan irisan daun bawang. Aduk rata.

6. Cicipi rasanya, koreksi rasa lalu masukkan air perasan jeruk limau (buang bijinya) dan bawang goreng secukupnya. Aduk rata. Angkat, sajikan.

Baca Juga :

Author: jordan smith