Resep Sate Buntel

Cara Membuat Sate Buntel

Sate Buntel adalah salah satu pertama kuliner kita yang sungguh unik. Ia sugguh beda di banding semua sate yang ada di Indonesia. Sate Buntel adalah sajian khas Solo , di buat dari daging kambing di cincang halus, dibumbui secara minimalis, lalu di bungkus dengan lembaran lemak tipis ( lemak jala ).

Bentuknya mirip Sosis Kambing yang di tusuk dengan bilah bumbu, lalu di bakar. Sate Buntel di sajikan dengan sambel kecap manis di sertai rajangan cabai rawit dan bawang merah. Biasanya juga di sertai rajangan kol dan beberapa iris tomat seger.

Penamaan Sate Buntel tentulah karena memang sate itu di Buntel atau di Bungkus dengan selapis lemak, sehingga membentuk seperti sosis. Daging di cincang menyatu ketika di bakar di dalam “paket” atau bungkusan lemak itu.

Di timur tengah, sajian seperti ini di sebut kofta. Yaitu daging kambing cincang yang di kepalkan pada sebilah besi panjang, tanpa bungkus lembaran lemak , dan kemudian di bakar. Bedanya, kofta bentuknya gepeng dan cenderung kering ketika di lolos dari bilah besinya. Sedangakan Sate Buntel bentuknya bulat seperti sosis, karena bagian dalamnya masih lembab. Penggunaan sambel kecap pun membuat Sate Buntel lebih unggul dari pada kofta.

Untuk anda yang ingin menncoba membuat sendiri sate buntel di rumah, anda dapat mengikuti resep yang ada di bawah ini.

Bahan:

400 gram daging kambing > di cincang halus

100 gram lemak kambing ( bagian tipis lebar )

¼ kol ( kubis) > di Rajang halus

2 butir tomat > di iris kasar

12-24 tusuk sate

Bumbu:

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdt ketumbar

1 sdt merica
Sambal Kecap :

1 cangkir kecap manis

10 cabai rawit > di Rajang

10 siung bawang merah > di Rajang

1 sdt merica

Cara:

Haluskan bumbu, tumis dengan sedikit minyak atau margarin .
Campurkan tumisan bumbu dengan daging kambing cincang , pisahkan menjadi 12 porsi kecil.
Kapalkan tiap porsi daging kambing cincang berbumbu, bungkus dengan selembar tipis lemak kambing . tusuk denga 1 atau 2 tusukan . sebaliknya memakai dua tusukan agar lebih kaut.
Bakat di atas bara arang samapi matang. Cabut tusukan, belah dua, dan sajikan dengan sambel kecap dan rajangan kol serta irisan tomat.

Baca Juga :

Resep Rawon Daging

Resep Bihun Kari Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *