sambal tomat
Indonesia

Resep Sambal Tomat

Cara Membuat Sambal Tomat

Sambal tomat sangat pas untuk disajikan dengan beragam lauk, terutama lalapan atau ikan goreng. Sambal tomat paling pas dinikmati pada siang dan malam hari. Jika Anda ingin sambal lebih gurih, maka Anda bisa mencampurkan sedikit terasi ke dalam olahan sambal ini. Sambal tomat ini bisa menjadi alternatif Anda jika Anda tak terlalu suka mengonsumsi tomat secara langsung. Buah tomat sendiri dikenal memiliki banyak kandungan gizi dan khasiat yang baik bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam buah tomat ini meliputi vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat juga mengandung sodium, kolesterol, lemak jenuh, dan juga kandungan kalori yang rendah. Kandungan yang paling banyak yang dibawa oleh tomat adalah kandungan mineral yang baik seperti vitamin B6, magnesium, fosfor, thiamin, niacin, dan juga tembaga. Semua khasiat kesehatan yang Anda cari akan Anda temukan di dalam buah tomat ini. Terutama jika dibuat untuk olahan sambal, maka kandungan vitamin C-nya akan lebih tinggi lagi, karena cabai juga membawa kandungan vitamin C yang tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa menunggu lebih lama lagi, berikut di bawah ini adalah cara membuat resep sambal tomat yang nikmat, pedas dan membuat nagih.

Bahan-bahan yang disiapkan:

12 buah cabe rawit, atau Anda bisa menyesuaikan dengan selera Anda.
4 siung bawang merah.
1 siung bawang putih.
1 buah tomat merah yang segar.
1 buah terasi udang, atau satu sachet terasi udang.
1 sendok gula merah, atau potong sebesar biji salak.
Garam secukupnya.
Sedikit Vetsin
Minyak goreng untuk menumis.

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan di atas, maka Anda siap untuk mengolah sambal tomat. Pastikan tomat yang Anda gunakan adalah tomat yang segar, tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua, sehingga segala kandungan gizi yang terkandung di dalamnya masih terjaga dengan baik.

  1. Ambil wajan, panaskan minyak goreng.
  2. Setelah panas, masukkan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, dan cabe rawit. Tumis kesemua bahan ini hingga layu atau setengah matang.
  3. Haluskan semua bahan yang telah ditumis hingga layu tersebut hingga benar-benar halus, tambahkan gula merah, garam dan vetsin secukupnya, lalu tumbuk hingga benar-benar halus dan semua bahan tercampur dengan merata.
  4. Cicipi olahan sambal tersebut, jika dirasa kurang, tambahkan bahan yang kurang, dan jika sudah dirasa pas atau cukup, maka sambal tomat sudah siap untuk disajikan sebagai pendamping sangat siang atau malam Anda.

Baca juga :