Resep Sambal Petis

Cara Membuat Sambal Petis

Masakan khas Jawa Timur, seperti telur petis dari Surabaya tersebut hanya merupakan salah satunya saja. Masih banya lagi makanan lainnya yang divariasikan berasal dari Jawa Timur yang dimasak dengan menggunakan petis tersebut. Salah satu yang paling umum dan sudah terkenal adalah resep sambal petis. Sambal ini merupakan resep rumahan namun juga menjadi menu pelengkap dalam beberapa menu spesial yang biasa disajikan di restoran atau rumah makan khas Jawa Timur tersebut. Jika Anda ingin mencobanya, Anda tidak perlu bingung. Berikut resep spesial sambal petis yang bisa Anda buat dan sajikan langsung di rumah. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan prosesnya pun tergolong mudah dan cepat.

Bahan-Bahan Membuat Sambal Petis:

Petis udang, 5 sendok makan. Sangat disarankan menggunakan petis udang untuk mendapatkan aroma petis yang khas. Aroma petis udang tidak amis dan sesuai dengan selera orang Indonesia.
Cabai rawit segar, 12 buah. Cuci bersih, kemudian iris halus. Bahan ini opsional. Jika Anda ingin rasa yang lebih pedas maka tinggal tambah saja jumlahnya.
Lengkuas, 2 cm. Memarkan.
Daun salam, 1 lembar.
Daun jeruk, 3 lembar.
Air asam Jawa, 2 sendok makan.
Minyak goreng untuk menumis sekitar 3 sendok makan atau secukupnya.
Santan, 300 ml. Jika Anda tidak terlalu menyukai penambahan santan untuk kesehatan, maka bisa diganti dengan air saja.
Garam, secukupnya.

Bahan yang dihaluskan:

Cabai merah segar, 5 buah.
Cabai hijau segar, 5 buah.
Bawang putih, 6 siung.
Bawang merah, 12 siung.
Kunyit, 1 cm.
Garam, secukupnya.

Cara Membuat Sambal Petis:

Haluskan bumbu yang harus dihaluskan menggunakan ulekan atau blender. Jika Anda ingin berkreasi untuk mendapatkan rasa pedas yang lebih khas, maka cabai rawit yang diiris tersebut bisa dibiarkan utuh dan ikut dihaluskan bersama bumbu halus tersebut.
Siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis bumbu yang dihaluskan tersebut beserta daun salam, daun jeruk, dan lengkuasnya. Aduk rata dan tumis hingga aromanya keluar.
Setelah bumbu matang, masukkan cabai rawit serta petis udang dan air asam Jawa. Aduk kembali hingga rata dan cabai rawit tersebut sedikit layu.
Tuangkan santan kemudian aduk perlahan hingga mendidih. Jangan lupa cicipi rasanya, apakah sudah sesuai dengan selera atau belum. Anda bisa menambahkan garam atau gula untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.
Apabila sambal tersebut telah mengeluarkan minyak, terlihat berminyak maka dan santan mulai menyusut maka sambal telah matang dan siang untuk segera di sajikan.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *