sagu keju
Indonesia

Resep Sagu Keju

Cara Membuat Sagu Keju

Sagu keju merupakan cemilan ringan yang memiliki rasa manis dan gurih keju. Sagu keju ini sangat nikmat dan lezat unruk disantap. Untuk anda yang biasanya membuat ke untk lebaran anda haru smencoba untuk membuat kur yang satu ini. Berikut resep darisagu keju yang sangat mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan Utama Kue Sagu Keju

Bahan utama kue sagu keju mencakup beberapa hal berikut ini, yang bisa Anda temukan dengan mudah di supermarket maupun di pasar tradisional:

50 gram santan kental. Untuk hasil maksimal, sebaiknya Anda mengambil santan yang berasal langsung dari perasan buah kelapa. Ini akan membantu menghasilkan kue sagu keju yang renyah.
Keju tua parut (atau yang juga dikenal sebagai keju edam) yang harus disediakan sebanyak 100 gram.
100 gram margarine.
2 lembar daun pandan.
Sebutir telur ayam yang diambil kuningnya.
150 gram gula putih.
50 gram mentega.
Tepung sagu berkualitas tinggi, yang digunakan sebanyak 300 gram.

Catatan tambahan: untuk bahan telur ayam dan daun pandan, sebaiknya Anda memilih yang masih segar dan berkualitas tinggi.

Cara Membuat Kue Sagu Keju

Setelah mempersiapkan bahan utama kue sagu keju, Anda bisa mulai membuatnya sesuai dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkah tepung sagu dan daun pandan untuk disangrai di atas api sedang. Pisahkan bahan setelah proses ini selesai.
  2. Siapkan wadah untuk mencampur mentega dan margarin, dengan menggunakan mixer. Gunakan alat tersebut sampai kedua bahan tercampur dengan baik (biasanya ditandai dengan warna putih).
  3. Masukkan gula halus ke dalam campuran margarin dan mentega, kemudian aduk kembali menggunakan mixer sampai tercampur rata.
  4. Siapkan satu wadah lagi guna mencampur tepung sagu serta keju parut. Campur dan aduk kedua bahan sampai merata.
  5. Campurkan adonan nomor 4 dengan adonan nomor 3. Campuran tepung sagu dan keju parut dimasukkan perlahan-lahan ke dalam adonan nomor 3, kemudian aduk sampai rata.
  6. Kemudian masukkan santan kental ke dalam adonan campuran di atas, dan aduk semuanya sampai merata.
  7. Adonan selesai dan proses selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam plastik contong.
  8. Siapkan loyang yang telah dioleskan mentega dan tepung tipis-tipis, kemudian semprotkan adonan yang sudah dimasukkan ke dalam plastik contong. Bentuk adonan sampai membulat dengan pola bunga di bagian atas.
  9. Siapkan oven pada suhu 160-170 derajat. Kemudian panggan adonan di atas loyang sampai matang (berwarna kuning keemasan).

Baca Juga :