Resep Rawon Daging

Cara Membuat Rawon Daging

Rawon Daging Khas Jawa Timur adalah masakan berkuah encer , semacam Sop Daging Sapi dengan cita rasa gurih yang sangat intens. Kaldunya yang berwarna coklat kehitaman adalah karena Keluak – juga di sebut pucung atau buah kepayang- sebagai bahan utamanya. Keluak menciptakan rasa dan aroma earthy yang sangat khas. Dagingnya sangat empuk, terutama Karena pilihan daging senandung lamur yang mengandung banyak kolagen dan lemak, serta proses memasak lama dengan api kecil.

Rawon Daging Khas Jawa Timur selalu di sajikan dengan sambel terasi yang pedas, kecambah ( tauge mentah ) mentah untuk di taburkan ke dalam kuahnya selagi panas, telur asin dan kerupuk udang, . karena rawon hampir selalu di santap dengan nasi, maka kuahnya memang sangat gurih dan agak kental. Tetapi, bila di kehendaki untuk di santap sebagai sop pembuka hidangan, rawon bisa diencerkan agar tidak terlalu gurih dan asin.

Rawon juga akan semakin nikmat jika anda nikmati dengan berbagai lauk jeroan sapi. Untuk anda yang ingin mencoba untuk membuat rawon sapi ini anda dapat mengikuti resep yang ada di bawah ini.

Bahan:

750 gram daging sapi > pilih sandung lamur atau bagian has yang ada sedikit lemak.

4 sdm air asam jawa.

2 batang serai > di memarkan.

2 batang daun bawang.

1 jempol lengkuas> di memarkan.

5 lembar daun jeruk.

Bumbu Halus:

5 butir keluak.

4 cabai merah keriting > di belah, di buang bijinya.

8 siung bawang merah.

4 siung bawang putih.

2 sdm ketumbar.

1 ruas kunyit .

Garam secukupnya.

Cara:

Rebus daging dengan 1 liter air, dengan air asam jawa, daun jeruk, lengkuas, serai , dan daun bawang. Setel;ah empuk, dinginkan dan daging di potong kubus. Simpan kaldu dari tambahkan air hingga mencapai sekitar 800ml.
Haluskan bumbu dan tumis dengan sedikit minyak . campurkan ke dalam kaldu dan masak bersama daging sampai empuk.
Sajikan dengan nasi putih, sambal tauge, pendek, kerupuk udang, dan telur asin.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *