Resep Pisang Molen

Cara Membuat Pisang Molen

Pisang molen merupakan salah satu jajanan tradisional yang ada di Indonesia. Molen sendiri sudah dikenal banyak orang dengan rasanya yang lezat. Tentunya pisang molen memiliki bahan dasar pisang yang dilapisi oleh lembaran adonan tepung terigu yang lalu digoreng. Pisang molen merupakan salah satu cara untuk mengolah pisang untuk anda yang bosan dengan olahan pisang lainnya. Biasanya pisang molen banyak dijual di pinggiran jalan, untuk anda yang ingin mencoba membuat pisang molen sendiri di rumah, anda dapat mencoba refrensi resep di bawah ini.

Siapkan daftar bahan untuk membuat resep molen berikut ini:

Bahan Kulit Pisang Molen

250 gram tepung terigu protein tinggi
65 gram gula tepung atau gula halus
1 sendok teh baking powder
1 butir telur yang telah dikocok lepas
65 gram margarin
1 sendok makan air es
minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan Isi Pisang Molen

8 buah pisang raja yang telah dipotong menurut selera Anda. Anda juga dapat menggunakan jenis pisang lainnya seperti pisang madu dan pisang uli. Bila Anda tak suka pisang, Anda bisa memodifikasi resep ini dengan menggunakan bahan pengganti berupa coklat, buah nangka, dan bahan lain yang Anda sukai.

Pastikan Anda hanya menyiapkan bahan yang baik dalam hal rasa maupun keamanan. Jadi, camilan pisang molen yang Anda buat bukan hanya enak, namun juga tidak menimbulkan gangguan pencernaan.

Cara Membuat Pisang Molen

  1. Siapkan semua alat dan bahan dan atur sedemikian rupa agar Anda tidak kerepotan mengambil alat dan bahan yang hendak digunakan. Dengan demikian, proses memasak yang Anda lakukan pun lebih hemat waktu serta tenaga.
  2. Ayak tepung terigu, gula tepung, serta baking powder pada satu wadah
  3. Masukkan margarin dan telur dalam ayakan tersebut lalu aduk hingga adonan menjadi menggumpal. Agar molen yang dibuat makin crispy, Anda dapat menambahkan telur ke dalam adonan ini.
  4. Tuangkan air es lalu uleni hingga benar-benar rata. Diamkan kurang lebih 15 menit.
    Giling adonan yang telah didiamkan selama 15 menit dengan gilingan mi atau molen dari ketebalan paling besar. Lakukan penggilingan 2 3 kali untuk tiap ukuran penggilingan.
  5. Potong adonan yang sudah digiling dengan lebar 1 cm memanjang.
  6. Lilitkan adonan menyelimuti pisang.
  7. Goreng dengan minyak yang panas di atas api sedang hingga warnanya kuning kecoklatan. Pastikan Anda menggunakan minyak yang baru sehingga aroma pisang molen benar-benar menggoda dan tidak tercampur dengan aroma masakan lainnya.

Baca juga :

Author: jordan smith