Resep Pasta Aglio Olio

Cara Membuat Pasta Aglio Olio

Jika dibandingkan dengan olahan pasta lainnya, olahan pasta Aglio olio merupkan olahan yang paling sederhana. Aglio Olio sendiri secara harafiah memiliki arti bawang putih dan minyak yang memang pasta ini dibumbui dengan kedua bahan tersedap sehingga menjadi sebauh pasata yang sedap. Untuk mengolah pasta aglio olio ini menjadi lebih sedap anda dapat menambahkan parutan keju yang tentunya juga menambahkan rasa gurih.

Untuk menikmati pasta sendiri anda dapat mengolah banyak saus untuk menikmatinya. Pasta sendiri juga dapat menjadi makanan sehari – hari anda yang juga dapat menggantikan kebutuhan karbohodrat anda. Pasta yang banyak dikenali oleh para masyarakat Indonesia sendiri adalah spaghetti, fettucheni, fussili, dll. Untuk olahan Aglio Olio sendiri memiliki keunikan yang terletak di rasa bawang putihnya yang kuat. Pasta Aglio Olio ini juga menjadi salah satu menu yang cocok untuk anda yang diet. Membuat pasta Aglio Olio sendiri sangat mudah dan dapat anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan

Garam kasar
12 ons spaghetti
180 ml extra-virgin olive oil, sisakan untuk olesan
8 siung bawang putih (iris tipis 4 buah, cincang kasar 4 buah)
1 buah lemon, peras airnya dan parut bagian luar kulitnya
40 gr daun parsley segar
Keju Parmesan, parut untuk taburan

Cara membuat

  1. Didihkan air dalam panci besar, beri sedikit garam. Masukkan spaghetti dan masak hingga al dente. Sisihkan dua cangkir air rebusan spaghetti, tiriskan spaghetti.
  2. Panaskan wajan berukuran sedang, tambahkan minyak. Masukkan bawang putih. Tumis bawang hingga keemasan selama 2 menit, tiriskan bawang goreng.
  3. Masukkan bawang putih cincang dan tumis hingga wangi, selama 30 detik.
  4. Masukkan air rebusan pasta dan didihkan selama 2 menit.
  5. Masukkan pasta, masak hingga mengental selama 1 menit.
  6. Matikan api, masukkan parutan kulit dan jus lemon, aduk hingga rata.
  7. Masukkan daun parsley, tetesi sedikit minyak, dan taburi bawang putih goreng. Sajikan dengan taburan keju Parmesan parut.

Pada masakan pasta seperti spaghetti yang dimasak dua kali, sangat disarankan untuk memasak hingga Al dente. Al dente adalah pasta yang diangkat dari air mendidih sebelum benar-benar matang, sehingga ketika dimasak kembali di atas wajan, pasta tidak menjadi terlalu matang dan kehilangan tekstur “menggigit”nya.

Baca juga :

Author: jordan smith