Resep Otak – Otak Bandeng Khas Rumahan

Cara Membuat Otak – Otak Bandeng Rumahan

Otak-otak bandeng adalah salah satu sajian khas dari Semarang, namun kini sudah dapat Anda temukan hampir di berbagai penjuru kota di Indonesia. Tak hanya dapat membeli, Anda pun dapat memasaknya sendiri di rumah, lho! Otak otak bandeng memiliki tekstur yang lembut khas otak otak, serta memiliki rasa yang gurih dan sedap. Otak otak bandeng sangat cocok untuk dijadikan makanan pembuka atau appetizer sebelum makan siang. Oh iya, otak otak bandeng pun sangat cocok bagi Anda yang ingin mencicipi lezatnya daging ikan bandeng namun takut dengan banyaknya duri pada ikan bandeng.

Untuk anda yang tertarik untuk membuat otak – otak bandeng di rumah, anda dapat mengikuti resep yang ada di bawah ini.

Bahan-Bahan Utama:

-2 ekor ikan bandeng, berukuran sedang

-1 butir telur, kocok lepas

-50 santan, terbuat dari ¼ butir kelapa

-3/4 sdt garam

-1/4 sdt gula pasir

-2 buah penjepit dari bambu

Bahan-Bahan Bumbu, haluskan:

-5 butir bawang merah

-3 siung bawang putih

-2 buah cabai rawit

-4 buah cabai merah keriting

-1 buah tomat, berukuran kecil

-1/2 sdt terasi bakar

-1 sdt ketumbar bubuk

-1 sdt kencur

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep otak otak bandeng ini adalah membersihkan ikan bandeng. Ikan bandeng memiliki banyak duri, sehingga Anda harus berhati-hati pada langkah ini. Jangan sampai meninggalkan duri pada daging bandeng yang akan diolah menjadi otak otak agar nyaman saat menyantapnya. Keluarkan bagian daging ikan, kemudian pisahkan daging ikan bandeng dengan durinya.
  2. Jika daging bandeng sudah bebas duri, haluskan daging ikan tersebut. Setelah halus, masukkan bahan-bahan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian aduk hingga rata.
  3. Setelah itu, masukkan telur, santan, serta garam dan gula. Aduk lagi hingga adonan ikan menjadi rata.
  4. Berikutnya, masukkan kembali daging ikan bandeng yang telah dicampur berbagai bahan tersebut ke dalam kulit ikan. Masukkan daging hingga nantinya terbentuk seperti ikan lagi.
  5. Kemudian jahit.
  6. Bungkus lagi ikan yang sudah utuh kembali dengan daun pisang, lalu amankan sisinya menggunakan tusuk gigi agar tidak terlepas. Kukuslah adonan otak otak selama 15-20 menit atau tunggu hingga matang merata.
  7. Jika sudah matang, keluarkan otak otak dari dalam bungkus daun pisang dan tata di atas piring cantik. Otak otak bandeng Anda pun sudah siap.

Baca Juga :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *