Resep Otak Otak Bandeng Gresik

Cara Membuat Otak Otak Bandeng Gresik

Indonesia yang kaya akan kulinernya memiliki banyak sekali kuliner unik yang tentunya juga memiliki rasa yang nikmat. Salah satunya adalah otak otak bandeng yang merupakan makanan khas Jawa Timur. Otak – otak ini berbentuk ikan bandeng yang sudah dihaluskan dan dibumbui lali dibungkus dengan daun pisang. Untuk abda yang ingin mencoba untuk membuat otak – otak bandeng ini anda dapa mengikuti resep yang ada di bawah ini.

Bahan untuk Membuat Otak-Otak Bandeng Gresik

Untuk membuat otak-otak Bandeng khas Gresik, Anda perlu menyiapkan:

1 ekor ikan bandeng dengan berat sekitar 500 gram
kelapa muda yang diparut kemudian disangrai dan dihaluskan sebanyak 7 sendok makan
santan kental sebanyak 125 ml
telur ayam dua butir yang dikocok lepas
daun pisang secukupnya untuk membungkus

Selain beberapa bahan utama di atas, Anda sebaiknya juga menyiapkan beberapa bahan bumbu yang dihaluskan, antara lain:

ketumbar dua sendok teh
bawang putih 3 siung
bawang merah 6 butir
kemiri 3 butir disangrai
lengkuas kurang lebih 2 cm diparu
gula pasir 2 sendok teh
garam secukupnya

Semua bumbu tersebut dihaluskan kemudian disihkan untuk proses selanjutnya.

Cara Membuat Otak-Otak Bandeng Khas Gresik

Setelah semua bahan dan bumbu disiapkan, kini saatnya memulai untuk mengolah ikan bandeng menjadi otak-otak bandeng yang lezat dan gurih khas Gresik. Cara mengolah bandeng menjadi otak-otak yang nikmat adalah berikut ini.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan ikan dari sisiknya, kemudian keluarkan isi perut ikan secara perlahan dengan cara mematahkan serat insangnya terlebih dahulu. setelah selesai, Anda bisa mencuci ikan hingga bersih dan tiriskan. Setelah air cucian pada ikan mongering, Anda bisa mulai ke proses selanjutnya yaitu memukul-mukul badan ikan tersebut menggunakan kayu ataupun pisau. Proses ini bertujuan agar daging ikan bandeng bisa terlepas dari kulit ikan.

Setelah itu, Anda bisa mengeluarkan duri ikan bandeng dengan menekuk tulang ekor ikan ke arah kepala. Anda tarik duri ikan secara perlahan agar bisa terlepas dan tertarik keluar semua.

Selanjutnya Anda bisa mulai mengeluarkan daging ikan dari lubang yang sama di mana Anda mengeluarkan duri. Cara mengeluarkan daging ikan bisa dengan bantuan sendok makan secara perlahan.

Setelah itu, Anda bisa membalikkan kulit ikan untuk pembersihan daging-daging yang tertinggal. Bila sudah, Anda bisa membalikkan kembali kulit ikan seperti semula.

Saat Anda mengeluarkan daging ikan, beberapa tulang ikan biasanya masih ikut tercampur. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memisahkan antara daging dan tulang ikan. Anda bisa menggerus daging yang dikeluarkan di atas saringan. Anda ambil daging ikan bandeng, kemudian campurkan bersama parutan kelapa halus, telur, bumbu halus, dan juga santan kental. Aduk seluruh adonan ikan bandeng hingga rata. Setelah semua bahan tercampur, kini Anda masukkan adonan tersebut ke dalam kulit ikan bandeng hingga penuh melalui lubang kepala.

Untuk menjaga agar adonan tidak keluar dari perut ikan, Anda bisa menjahit perut ikan dengan menggunakan benang apa saja supaya rapat. Bila masih tersedia sisa adonan, Anda bisa melumurkan sisa adonan tersebut ke badan ikan kemudian bungkus dengan daun pisang. Kukus otak-otak tersebut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, Anda bisa membuka bungkus daun pisang dan mengambil otak-otak yang telah matang. Kemudian, Anda taruh ikan di atas loyang yang telah dilapisi daun pisang. Anda panggang ikan dalam oven hingga berwarna kuning kecoklatan.

Baca Juga :

Author: jordan smith