Resep Dadar Gulung

Cara Membuat Dadar Gulung

Kulit berpori nan lembut, resep dadar gulung merupakan ciri khas dari kue basah tradisional dengan isi kelapa parut gula merah atau unti ini. Cara membuat kulit dadar gulung tanpa telur yang tidak pecah bisa dengan mudah kita olah secara sederhana di rumah.

Sebenarnya tidak ada tips khusus dalam cara membuat dadar gulung dengan kulit bersarang atau teksturnya berpori, kecuali adonan kulit yang tidak terlalu kental maupun tidak terlalu encer sehingga hasilnya lembut dan tidak mudah robek. Langkah-langkah pembuatan beserta hal-hal yang perlu diperhatikan sudah dijelaskan seperti gambar di bawah ini.

Dadar gulung isi kelapa adalah varian jajanan pasar yang masih banyak dijual karena sangat diminati hingga sekarang. Dengan resep adonan dasar kulit dadar gulung ini, tentunya kita dapat mengkreasikannya dengan bermacam-macam bahan isi selain unti, seperti dadar gulung isi pisang atau bahkan menjadi dadar gulung coklat. Gula merah dapat diganti dengan gula pasir putih untuk menghasilkan isi unti yang lebih putih atau dapat menggunakan perpaduannya.

Persiapan Bahan Dadar Gulung

1/2 butir kelapa parut
70 gram gula merah disisir
1 lembar daun pandan
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
50 ml air

Bahan kulit dadar gulung :

250 gram tepung terigu
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdt tepung tapioka/kanji
1/2 sdt garam
1 sdm pasta pandan atau secukupnya
minyak sayur secukupnya untuk olesan

Cara Membuat Dadar Gulung

Didihkan gula merah dan air hingga gula merahnya mencair, lalu masukkan garam dan daun pandan. Setelah mendidih kembali serta harum, masukkan parutan kelapa, aduk terus hingga rata dan matang (tidak terlalu basah dan tidak juga terlalu kering). Matikan api, sisihkan untuk bahan isi dadar gulung.
Campurkan dan aduk rata tepung terigu, tapioka dan garam, kemudian tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Setelah rata dan tidak ada yang menggumpal, saring adonan supaya hasilnya lebih lembut, lalu tambahkan pasta pandan dan aduk hingga rata.
Panaskan wajan teflon datar berdiameter 22 cm atau sesuai selera, olesi tipis dengan minyak sayur (sebaiknya gunakan tisu), setelah benar-benar panas (tandanya akan terdengar suara mendesis saat adonan dituangkan) selanjutnya tuang 1 sendok sayur adonan.
Begitu selesai menuangkan adonan, langsung angkat wajan dan putar-putar untuk meratakan adonan sehingga hasil kulit dadarnya menjadi bulat rata dan tipis. Setelah rata, kembalikan lagi di atas kompor dengan api kecil, adonan kulit dadar matang bila semua permukaannya sudah berubah warna.
Angkat kulit dadar gulung dan letakkan di atas piring datar (bisa olesi sedikit minyak agar tidak lengket), tuang 1 sdm unti, lipat seperti amplop kemudian gulung dengan rapih. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis, untuk adonan berikutnya bisa tidak diolesi lagi minyak, tetapi tetap pastikan bahwa wajan harus benar-benar panas.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *