Resep Cumi Saus Balado Khas Padang
Indonesia

Resep Cumi Saus Balado Khas Padang

Resep Cumi Saus Balado Khas Padang

Cara Membuat Resep Cumi Saus Balado Khas Padang

Resep Cumi Saus Balado Khas Padang – Untuk para pecinta pedas tentunya bumbu balado bukan merupakan hal yang asing, karena bumbu ini menjadi banyak favorit para pecinta pedas.

Untuk menikmatinya pun bnayak sekali olahan maasakan yang dapat diterapkan dalam mengolah cumi.

Salah satu olahan cumi yang lezat yaitu Cumi Bumbu Balado. Untuk membuatnya pun cumi yang sudah digoreng tepung sebelumnya yang  menambah rasa yang sungguh nikmat untuk disantap.

Untuk anda yang memilki petai maupun daun kemangi, dapat anda tambahkan di dalam masakan cumi saus padang untuk menambah cita rasa yang nikmat dan dari aun kemangi anda akan mendaoatkan harum saus padang yang sungguh memuaskan.

Untuk mengolah saus padang ini tentunya tak sulit dan dapat anda buat dengan waktu yang singkat. Berikut resep cumi saus padang yang dapat anda buat sendiri di rumah.

Bahan:

8 ekor cumi segar
2 lembar daun jeruk, iris
2 piring nasi putih
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu, tumbuk kasar:

2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 buah tomat hijau
3 buah cabai hijau
2 buah belimbing sayur
1/2 sdt garam
1/2sdt gula

Pelengkap:

Mentimun, iris
Daun kemangi

Cara membuat

  • Bersihkan cumi, buang kantung tinta hitamnya. Panaskan minyak, goreng cumi sebentar.
  • Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu tumbuk kasar dan daun jeruk. Aduk hingga bumbu tercampur rata dan layu, masukkan cumi goreng. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.
  • Tempatkan nasi putih di mangkuk saji, tuang tumisan cumi. Hidangkan selagi panas dengan pelengkap mentimun dan daun kemangi.

Untuk menyantap cumi saus padang ini akan nikmat jika anda menyantapnya dengan krupuk yang akan menggugah selera makan anda.

Bahan cumi sendiri dapat anda gantikan dengan udang, kerang, dan berbagai bahan masakan lainnya yang sesuai dengan selera anda.

Untuk anda yang hobi menyantap seafood sudah pasti lebih abik memasak sendiri dikarenakan untuk membeli maskaan jadi cenderung mahal dan akan banyak bahan campuran seperti micin yang tak baik untuk kesehatan.

Baca Juga :