buntil
Indonesia

Resep Buntil

Cara Membuat Buntil

Buntil merupakan hidangan khas jawa tengah yang terbuat dari daun pepaya dengan diberi bahan isi yang khas. Untuk membuat resep buntil, biasanya digunakan daun pepaya atau daun singkong sebagai pembungkus buntilnya. Dalam resep ini digunakan daun pepaya sebagai pembungkus, mengikuti resep asli.

Jika anda kurang menyukai rasa daun pepaya yang cenderung pahit, anda bisa menggantinya dengan daun singkong. Daun pepaya sendiri mempunyai khasiat sebagai penurun demam, menurunkan tekanan darah dan juga melawan bakteri. Selain itu seperti sayuran pada umumnya, daun pepaya juga kaya akan kandungan serat yang bagus bagi pencernaan. Mengonsumsi daun pepaya pada saat berpuasa dapat mencegah konstipasi.

Selain daun pepaya, buntil juga bisa dibuat dengan tambahan daun singkong. Buntil daun pepaya dan daun singkong ini harus anda buat di rumah, cita rasanya akan berbeda dari yang lainnya. Nikmatnya buntil dan gurihnya kuah akan membuat hidangan semakin istimewa.

Bahan:

15 lembar daun pepaya, direbus dengan garam lalu bilas dengan air dingin biasa, tiriskan
1 butir kelapa setengah tua
200 gr teri nasi
papan petai

Isi Buntil:

4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
5 buah cabe merah keriting
3 cm kencur
1 sdm terasi udang bakar
1 sdt garam
50 gr gula merah
3 lembar daun jeruk purut

Bumbu Kuah Buntil :

8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt tumbar sangrai
10 buah cabe rawit
4 cm lengkuas, memarkan
3 cm kunyit
2 sdm gula merah
1 sdt garam
2 lembar daun salam
500 ml santan kental
bawang goreng untuk taburan

Cara membuat

Haluskan bumbu untuk kelapa parut. Sangrai kelapa parut dengan bumbu, masukkan ebi dan petai, sangrai hingga kelapa sedikit mengering.
Ambil daun pepaya yang telah direbus dan ditiriskan, susun daun pepaya beri isi kelapa parut yang sudah diberi bumbu, bungkus hingga rapi sampai isi tak terlihat, lalu ikat dengan benang besar.
Kukus selama 20-30 menit,angkat. Sisihkan
Giling harus bumbu kuah kecuali cabe rawit, tumis hingga harum, masukkan santan masak hingga mendidih lalu masukkan buntil ke dalam kuah masak lagi hingga kuah mendidih.
Terakhir masukkan cabe rawit dan bawang goreng sebagai pelengkap.

Membungkus buntil memerlukan kesabaran dan waktu, jadi sebaiknya anda mempersiapkan buntil semenjak sore hari, baru saat hendak bersahur mengolahnya kembali bersama bumbu.

Baca juga :