Resep Bakwan Sayur Sehat

Cara  Membuat Bakwan Sayur Sehat

Cara mudah membuat bakwan sayur,  yang enak dan renyah menggunakan resep bakwan bahan sederhana tanpa telur. Gorengan yang terbuat dari bahan utama tepung terigu campur sayuran bahkan udang ini banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, sehingga tak heran bila penyebutan namanya pun berbeda-beda pula, selain bakwan sayur, ote-ote dan bala-bala juga disebut weci, heci, kandoang, pia pia dan lain sebagainya.

Bakwan lebih nikmat disajikan panas-panas, dicemil bersama cabe rawit atau sambal maupun disantap bersama nasi. Bakwan sederhana yang gurih kali ini dibuat menggunakan tepung terigu (segitiga biru), dicampur secukupnya tepung beras agar bakwan menjadi lebih renyah.

Jika bala-bala umumnya memiliki bentuk yang acak atau berantakan, bakwan dan ote-ote biasanya berbentuk bulat atau terang bulan. Kita bisa menggunakan centong sayur untuk mencetaknya, namun jangan yang terlalu tebal agar nantinya mudah dilepaskan atau tidak lengket di cetakan. Semakin panas minyaknya merata maka adonan akan kian cepat dan mudah lepas, tapi cukup gunakan api yang agak kecil supaya tidak cepat gosong.

Bahan

250 gram tepung terigu
1 sendok makan penuh tepung beras
250 gram kol (sekitar ¼ kol ukuran sedang), iris-iris tipis
100 gram wortel (1 buah wortel ukuran sedang), serut tipis
2 batang daun bawang, iris tipis
4 batang seledri, iris tipis
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk (penyedap rasa)
1/2 sdt lada/merica bubuk
400 ml air

Bahan yang di haluskan :

4 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1 sdt ketumbar

Cara Membuat Bakwan Sayur :

Campurkan tepung terigu dan tepung beras, bumbu halus, garam, kaldu bubuk, serta merica. Aduk merata, kemudian masukkan irisan kol dan wortel, daun bawang dan seledri, lalu aduk rata kembali.
Tuang air sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk-aduk merata, sehingga adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
Panaskan minyak banyak di atas api kecil tapi tidak terlalu kecil, celupkan juga centong sayurnya (gunakan yang agak tipis agar tidak lengket di cetakan) dan biarkan hingga benar-benar panas. Semakin panasnya merata, adonan akan semakin mudah lepas dari centong sayurnya.
Setelah benar-benar panas, tuang adonan ke dalam centong sayur, selanjutnya celupkan pada minyak panas mendidih. Goyang-goyang centongnya hingga bakwan terlepas, sambil menunggu bakwan matang sempurna, lanjutkan lagi menggoreng bakwan-bakwan berikutnya (bisa juga tambahkan udang di atasnya).
Untuk membuat bala-bala tinggal ambil adonan 1 sendok makan, lalu bentuk sesuai selera. Goreng dengan sesekali dibalik sampai matang merata.

Baca Juga :

Mungkin Anda Menyukai