bakso ikan
ASIA

Resep Bakso Ikan Sehat

Cara Membuat Bakso Ikan Yang Sehat

Bakso ikan merupakan salah atu inovasi bakso yang juga memiliki banyak penggemar. Biasanya bakso ikan juga akan menghiasi makanan seafood yang anda pesan seperti nasi goreng seafood, mie goreng seafood, dll. Mungkin untuk anda yang takut dengan bakso ikan yang dijual di pinggir jalan yang belum tentu sehat dan cara pembuatannya yang kurang bersih dapat mencoba membuat bakso ikan ini di rumah. Terutama untuk anda yang memperhatikan kesehatan anak anda. Berikut resep bakso ikan yang sehat.

Bahan Utama Membuat Bakso Ikan

Daging ikan tenggiri, 300 sampai 400 gram. Namun, Anda juga bisa menggunakan ikan kuning. Anda bisa membeli langsung daging yang telah digiling.
1 butir telur, ambil bagian putihnya.
Garam, 1 sendok teh atau sesuaikan dengan selera Anda.
Merica bubuk, 1 sendok teh atau sesuaikan dengan selera Anda.
Air es, 3 sampai 4 sendok teh.
Kaldu bubuk, 1 sendok teh.
Tepung maizena, 2 sendok makan.
Sediakan juga air es untuk membasahi tangan dan merendam bakso ikan setelah jadi. Siapkan dalam dua mangkuk yang berbeda.

Cara Cepat dan Mudah Membuat Bakso Ikan

  1. Untuk Anda yang membeli daging ikan tenggiri atau ikan kuning tanpa digiling, maka Anda harus menggilingnya sendiri. Pertama-tama, daging harus dibersihkan dengan memisahkan bagian daging dan kulitnya. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan sendok untuk mengeruk daging dari bagian kulitnya. Bagi Anda yang masih pemula dan belum pernah membersihkan ikan, sebaiknya gunakan ikan tenggiri untuk mempermudah pemisahan tersebut. Daging ikan tenggiri pun lebih tebal dengan sedikit tulang. Sedangkan ikan kuning memiliki banyak duri. Kelebihan ikan kuning ada pada rasanya yang lebih manis dan daging ini akan membuat tekstur bakso ikan jadi lebih lembut.
  2. Penggilingan daging ikan bisa dilakukan dengan food processor maupun mencincangnya dengan pisau. Pastikan daging ikan hancur dan serta membentuk gumpalan yang padat dan halus. Proses ini bisa Anda lakukan kembali jika ada daging yang menempel pada dinding food processor. Penggilingan kembali untuk mencampur tersebut sebaiknya tidak lebih dari 30 detik.
  3. Masukkan ke dalam adonan daging, putih telur dan air es. Campurkan adonan hingga tercampur sempurna. Anda bisa menggunakan tangan maupun food processor tersebut. tambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk. Kemudian campur kembali adonan hingga bumbu tercampur seluruhnya. Anda juga bisa menyicipinya untuk memastikan rasa yang Anda inginkan.
  4. Pastikan adonan telah lembut dan terasa kenyal. Kemudian, Anda siapkan talenan. Tuangkan adonan yang telah jadi tersebut dari dalam food processor pada talenan dan taburi dengan tepung maizena. Gunakan tangan untuk mencampurnya hingga rata.
  5. Jika Anda mencampur adonan sebelumnya menggunakan cara manual dengan mencincang dan mencampur menggunakan tangan. Maka penambahan tepung maizena bisa langsung dilakukan bersamaan dengan bahan lain setelah mencincang daging tersebut. Lakukan pencampuran langsung semua bahan dengan daging cincang di talenan tersebut.
  6. Basahi tangan Anda dengan air es yang sebelumnya telah dipersiapkan. Kemudian, ambil adonan yang telah jadi tersebut dan banting ke talenan hingga beberapa kali. Lakukan hal ini hingga adonan memiliki tekstur yang lebih halus dari sebelumnya.
  7. Jika sudah bisa Anda pastikan adonannya halus, saatnya Anda membentuk adonan tersebut. Bentuk adonan dengan menggunakan tangan atau sendok menjadi bulatan kecil. Ukuran ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera demikian juga dengan bentuknya. Untuk anak-anak, mungkin Anda bisa membentuknya lebih unik.
  8. Masukan langsung adonan yang telah Anda bentuk ke dalam air es. Biarkan bakso dingin dan mengapung. Setelah itu, Anda bisa mengangkatnya dan menyiapkannya untuk diolah.

Baca Juga :