Resep Ayam Kung Pao

Cara Membuat Ayam Kung Pao

Ayam Kung Pao merupakan salah satu olahan ayam yang berasal dari China yang tentunya memiliki rasa lezat dan banyak juga digemari oleh orang Indonesia. Pembuatan ayam kung pao ini sangat mudah dan dapat disesuaikan dengan selera anda sendiri.

Ayam kung pao sangat terkenal di Indonesia, menu makanan asal Tiongkok ini mengambil nama dari nama seorang pahlawan yang telah berjasa di provinsi Sichuan. Untuk mengabadikan namanya maka dibuatlah penamaan pada makanan berbahan dasar ayam dengan citarasa yang pedas.

Untuk menambah rasa percaya diri anda ketika menghidangkan menu ayam kung pao ditengah keluarga buatlah saus yang berwarna merah kecoklatan dengan bumbu seperti chinese vinengar , cabai merah , saus hoisin dan sichuan peppercorn. Selain itu merica Sichuan memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan merica pada umumnya. Selain itu warnanya yang merah kecoklatan selain itu ketika mengeluarkan biji hitam kecil mengeluarkan aroma yang khas.

Tumis ayam hingga tidak terlalu matang, untuk menghindari daging ayam menjadi keras dan rasa gurih hilang. Untuk kacang mede, alternatif lain bisa menggunakan kacang tanah goreng.

Bahan:

500 gram fillet dada ayam, potong dadu
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1 sdm kecap asin
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm arak masak / ang ciu
1 sdm winyak wijen
3 siung bawang putih, cacah halus
5 buah cabai merah kering
1 buah paprika
kacang mede atau kacang tanah, sangrai

Bahan Saus:

1 sdm saus tiram
1 sdm arak masak / ang ciu
1 sdm minyak wijen
1 sdt cuka
1 sdt madu
1 sdt gula
1/2sdt bubuk cabai
200 ml air
1 sdm tepung maizena larutkan dengan 1 sdm air

Cara membuat

  • Rendam ayam dalam campuran air jeruk nipis, kecap asin, merica bubuk, arak masak dan minyak wijen. Aduk sampai tercampur rata dan masukkan dalam lemari es selama 30 menit sampai bumbu meresap.
  • Iris cabai merah kering dan paprika
  • Panaskan sedikit minyak dan masak ayam sebentar hingga berubah warna dan matang kira-kira 80%. Angkat dan sisihkan
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan irisan cabai merah kering dan paprika.
  • Tambahkan saus tiram, arak masak, minyak wijen, cuka, madu, gula, bubuk cabai dan air, aduk rata kemudian masukkan larutan tepung maizena. Masak sebentar hingga mendidih
  • Masukkan ayam dan kacang ke dalam saus dan aduk hingga merata. Masak hingga saus mengental. Angkat dan sajikan

Baca Juga :