ampela ayam bumbu ketumbar
Indonesia

Resep Ampela Ayam Bumbu Ketumbar

Cara Membuat Ampela Ayam Bumbu Ketumbar

Ayam memnag memiliki rasa gurih yang nikmat, tak hanya dagingnya saja, jeroan ayam sepert ati, jantung, usus, dll masih sapat diolah menjadi masakan yang sangat nikmat. Salah satu jeron yang sangat nikmat untuk disantap adalah ampela ayam. Salah satu olahan ampela ayam yang banayk dibuat oleh orang – orang adalah ampela ayam bumbu ketumbar.

Seperti yang kita tau bahwa ampela ayam memiliki tekstur yang unik yaitu kenyal, ulet namun memiliki rasa yang sangat nikmat. Banyak orang yang suka mengkonsumsi jerohan ayam terutama adalah ampela jika dibanding dengan hati.

Untuk membuat ampela bumbu ketumbar sangatlah mudah, bumbu-bumbu yang diperlukan tidak banyak dan mudah didapatkan. Waktu memasak yang dibutuhkan juga relatif singkat. Yang agak lama adalah mempersiapkan jerohan itu sendiri, karena ampela merupakan alat pencernaan dari ayam sehingga diharapkan sebelum diolah menjadi masakan harus dipastikan dicuci dengan bersih.

Biji ketumbar memiliki aroma yang khas dan kuat. Ketumbar merupakan salah satu bumbu rahasia masakan Indonesia yang enak dan lezat. Selain sebagai bumbu masakan ketumbar juga memiliki banyak manfaat seperti pelancar pencernaan, peluruh ASI, dan penambah nafsu makan. Nah sekarang kita padukan ketumbar ini dengan jeroan ayam yang sudah sering kita olah, yaitu ampela. Silahkan disimak resepnya.

Bahan:

4 pasang hati dan ampela ayam, rebus, potong-potong
3 cm lengkoas, memarkan
2 sdm kecap manis
2 mata asam jawa
250ml air
Minyak untuk menumis dan menggoreng

Bumbu Halus:

4 siung bawang putih
1/2 sdt jintan
2 1/2 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt merica butir
1 sdt garam
Penyedap (jika suka)

Cara membuat

  1. Bersihkan hati dan ampela ayam. Gurat-gurat bagian tepi ampela. Sisihkan
  2. Panaskan minyak Tumis bumbu halus bersama, lengkuas sampai harum. Masukkan hati dan ampela ayam. Tuang air, tambahkan asam jawa dan kecap manis. Masak sampai ampela ayam empuk. Angkat.
  3. Goreng ayam dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan, angkat.

Baca Juga :