Resep Agar – Agar Santan

Cara Membuat Agar – Agar Santan

Agar – agar santan menrupakan salah satu olahan yang sangat disukai semua kalangan mulai dari anak – nak hinggga orang dewasa sekalipun. Rasanya yang manis enjadi daya tarik untuk anak – anak. Untuk membuat agar – agar santan sendiri sangat mudah dan memerlukan peralatan serta bahan yang ribet. Untuk membuat agar – agar santan sendiri di rumah anda dapat mencoba resep yang ada di bawah ini.

Bahan-Bahan

Satu bungkus agar-agar bubuk atau agar-agar powder sesuai dengan selera. Merek agar-agar juga bisa disesuaikan dengan keinginan.
200 ml santan kental dari kelapa asli. Jika tidak memungkinkan Anda juga bisa membeli santan instan, namun santan dari kelapa asli akan terasa lebih nikmat dan gurih.
150 gram gula pasir atau takaran sesuai selera bisa dikurangi atau ditambahi jika Anda tidak ingin terlalu manis atau lebih manis. Gula pasir juga bisa diganti dengan gula merah.
800 ml air matang untuk air rebusan agar-agar.
1 sdt garam
2 lembar daun pandan sebagai penambah citarasa dan aroma yang harum
Cetakan agar-agar

Cara Membuat:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat agar-agar santan adalah dengan mencampurkan air, agar-agar bubuk serta gula pasir dalam panci kemudian dipanaskan sambil diaduk-aduk.
  2. Masukkan daun pandan ke dalam panci dan aduk-aduk kembali campuran tersebut.
  3. Tambahkan garam beserta santal sambil terus diaduk-aduk. Pastikan untuk terus mengaduk campuran agar-agar tersebut karena jika tidak diaduk santan bisa pecah dan agar-agar pun tidak akan jadi sempurna. Tahap ini memang memerlukan kesabaran dan ketekunan sampai air mendidih.
  4. Setelah air mendidih, tuangkan agar-agar ke dalam cetakan kemudian biarkan agar-agar untuk beberapa menit sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Pastikan agar-agar dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Agar-agar tersebut bisa disantap secara langsung atau dicampur dengan es untuk dibuat minuman.

Dalam beberapa versi resep agar-agar santan pandan, santan bisa dimasukkan setelah air agar-agar mendidih kemudian diaduk-aduk kembali. Namun untuk memastikan bahwa santan matang, santan bisa dimasukkan sebelum agar-agar mendidih sehingga santan bisa teraduk dan tercampur rata dengan agar-agar. Selain itu, agar-agar juga bisa divariasikan sesuai dengan selera Anda misalnya dengan ditambahkan campuran buah-buahan agar rasanya lebih nikmat. Akan tetapi, bahan-bahan lain yang ditambahkan sebaiknya tidak dicampurkan langsung dan dimasak beserta agar-agar. Akan lebih baik jika bahan-bahan tersebut dimasukkan saat agar-agar sudah matang dan sudah mendidih. Hal ini untuk tetap menjaga citarasa bahan tambahan agar tidak kematangan atau lembek saat dimasak dan didihkan bersama dengan agar-agar. Daun pandan yang digunakan pun bisa ditambahkan menjadi tiga lembar jika perlu karena daun pandan dapat memberikan citarasa yang berbeda serta aroma yang khas.

Baca Juga :

Author: jordan smith