Rese Es Shanghai

Cara Membuat Es Shanghai

Es Shanghai merupakan kudapan yang bisa dibilang jadul, pasalnya kudapan incoi pernah populer di masa-masanya orang tua kita kala masih muda dulu. Biarpun jadul, jangan kira rasanya juga jadul, malahan rasanya top banget lho.

Kesan jadul sebenarnya terlihat pada es serut yang dipadukan dengan sirup cocopandan, dan memang terkesan seperti jajanan anak-anak jaman dahulu. Penasaran seperti apa rasanya ? Mari kita berkreasi.

Meski tidak terlalu manis, namun hidangan ini tetap bisa dengan segera mengembalikan tenaga anda setelah seharian berpuasa. Kandungan bermacam-macam buah di dalamnya kaya akan fruktosa, sejenis glukosa alami yang aman bagi lambung setelah seharian kosong. Rumput laut yang disertakan dalam resep es shanghai ini juga kaya akan serat, sehingga cukup memberikan rasa kenyang sementara anda menunggu saat makan malam.

Bahan Resep Es Shanghai

1 bh alpukat ukuran besar
100 gr cincau hitam
100 gr nata de coco
100 gr tape singkong
100 gr kolang-kaling
100 gr kacang hijau rebus
100 gr kelapa muda serut
es serut secukupnya
sirup cocopandan dan susu kental manis untuk topping

Cara Membuat Es Shanghai

  1. Belah alpukat dan serut/keruk menggunakan sendok. Sisihkan..
  2. Potong-potong cincau hitam dan tapai singkong sehingga berbentuk dadu. Sisihkan.
  3. Bagi semua bahan kedalam 5-6 mangkuk saji.
  4. Ambil es serut, masukkan kedalam cetakan seperti gelas dengan dasar yang lancip dan tekan-tekan biar agak padat. Buat sesuai jumlah sajian.
  5. Letakkan es serut di atas masing masing sajian, siramkan sirup cocopandan serta susu kental manis diatasnya sebagai topping.
  6. Es Shanghai siap dinikmati.

Es shanghai ini juga dapat anda isi dengan berbagai isi seperti jelly, pudding, biji selasih, buah leci atau kelengkeng kaleng, dll. Isi yang ada di es shanghai ini dapat anda sesuaikan dengan keinginan anda. Olahan es shanghai ini dapat menjadi teman berbuka puasa anda amupun anda nikmati ketika musim panas yang dapat menyegarkan kembali tubuh anda serta melepaskan dahaga.

Baca juga :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *