Masakan Burung Ortolan dari Perancis

Masakan Burung Ortolan dari Perancis

Perancis dahulunya adalah negara penjelajah dan memiliki sejarah yang panjang. Perancis memiliki budaya yang unik begitu pula dengan kulinernya atau masakannya. Masakan Perancis sangat beragam, dan hampir menyamai variasi masakan Cina, berkembang dari jaman kerajaan sampai saat ini saat jaman modern. Hal ini disebabkan oleh kegemaran rakyat Perancis menyantap masakan yang lezat serta menyajikannya dengan cara yang menarik.

Keragaman ini juga disebabkan oleh keadaan geografi dan iklim yang memengaruhi produksi berbagai jenis bahan makanan, serta juga sejarah Perancis yang panjang. Dikatakan bahwa dengan mempelajari masakan Perancis berarti juga memahami Perancis itu sendiri.

Kuliner Prancis terkenal karena rasanya yang kaya dan penyajiannya yang indah. Makanan dari negara ini dianggap salah satu khasanah kuliner kontinental yang paling lezat. Karena itu di berbagai negara menjamur restoran-restoran yang menyajikan masakan Prancis.

Namun dibalik keanggunan dan pesonanya, terdapat beberapa menu masakan yang membuat orang tidak habis pikir cara membuatnya, namun masakan tersebut banyak dicari orang dan mahal. Salah satu menu masakan yang kami maksud adalah menu masakan dari bahan utama burung Ortolan. Namun saat ini Pemerintah Perancis telah resmi melarang pembuatan menu burung Ortolan. Disamping populasi burung Ortolan yang semakin langka juga dikarenakan proses pembuatan makanan ini bisa dibilang atau disebut kejam.

Burung ini dulunya bisa ditemukan dalam menu restoran-restoran kelas atas. Biasanya dimasak dengan cara dipanggang. Untuk menyiapkannya, biasanya burung ortolan dikurung di kandang tanpa cahaya sedikit pun. Dengan begini burung ortolan jadi tidak mengetahui waktu dan akhirnya pola makan mereka ikut kacau. Akibatnya burung ini jadi makan sepanjang waktu sampai tubuhnya mengalami obesitas, membesar hingga dua atau tiga kali lipat dari ukuran semula. Jika sudah begitu burung ortolan langsung ditenggelamkan di dalam minuman keras hingga mati, kemudian baru dipanggang. Proses memasak yang cukup kejam.

Lalu tidak hanya berhenti disana, cara memakannya pun unik, burung yang telah dipanggang tadi yang telah melalui proses perendaman di dalam arak, dimakan perlahan dengan memegang ujung kepala dengan bagian ekor mengarah kemulut, kemudian anda makan perlahan-lahan. Daging Ortolan lembut dikarenakan proses penggemukannya membuat dagingnya dipenuhi lemak. Bagi beberapa orang makanan ini sangatlah nikmat, namun kabar baiknya adalah Pemerintah Perancis telah melarang menu ini ada di restoran, karena prosesnya yang kejam dan populasi burung ortolan yang semakin langka.

Demikian informasi tentang menu dari sebuah negara di Eropa yang telah mempunyai sejarah panjang budayanya. Baca juga artikel kami yang lain yang terdapat pada situs ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel kami yang lain:

Author: jordan smith