Gulab Jamun

Gulab Jamun

Gulab Jamun

Gulab Jamun – adalah manisan yang berasal dari Asia Selatan berbahan dasar susu, yang berasal dari anak benua India, terutama populer di India, Nepal (di mana ia dikenal sebagai lal mohan), Pakistan, dan Bangladesh (di mana dikenal sebagai gulab jam).

Baca Juga : Kue Putri Salju

Gulab Jamun adalah makanan penutup favorit untuk para tamu. Dalam rumah tangga modern, orang bergantung pada Gulab Jamun instan untuk menyiapkan pencuci mulut ini lebih cepat. Gulab Jamun memiliki warna coklat atau merah marun yang khas menyerupai buah Jamun dan begitu nama Gulab Jamun.

Gulab jamun dibuat dengan cara mencampur susu bersama dengan terigu dan soda kue agar hasil akhirnya mengembang. Penggunaan terigu semata-mata hanyalah sebagai media “perekat” agar susu mudah dibentuk dan tidak hancur saat digoreng.

Sehingga, penggunaan terigu dibatasi hanya sekedar pengisi adonan serta menambah tekstur agar adonan tidak terlalu lembek. Jika kebanyakan terigu, gulab jamun akan terasa seperti roti gorang dan rasa khas-nya berkurang. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita persiapkan sebelum membuat gulab jamun.

Bahan Resep Gulab Jamun

  • 100 gr susu bubuk
  • 25 gr tepung terigu
  • 2 sdm yogurt
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking soda

Bahan Sirup Gula

  • 100 gr gula pasir
  • 1/4 sdt kapulaga bubuk
  • 1 sdt air mawar
  • 400 ml air
  • sedikit irisan kunyit

Cara Membuat Gulab Jamun

  1. Campurkan susu bubuk, terigu, yogurt dan baking soda kedalam wadah dan uleni menggunakan tangan hingga kalis. Jika adonan terlalu keras maka dapat ditambahkan sedikit yogurt dan jika terlalu lembek dapat ditambahkan sedikit terigu.
  2. Buat bulatan-bulatan kecil kira-kira memiliki diameter 2-3 cm, jangan terlalu besar karena nantinya adonan akan mengembang saat digoreng. Jika adonan lengket, kita bisa menggunakan sedikit minyak pada telapak tangan.
  3. Taruh bulatan adonan kedalam baki dan tutup menggunakan kain serbet. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  4. Sementara itu, kita bisa membuat sirup gula dengan cara mencapurkan gula pasir, kapulaga bubuk, air mawar dan irisan kunyit serta air menjadi satu kedalam panci.
  5. Masak hingga mendidih dan sirup gula agak mengental karena air sedikit berkurang. Angkat dan sisihkan.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng bulatan adonan hingga mengembang dan mengapung serta berubah warna menjadi kecoklatan. Perhatikan besaran api, jika adonan tidak mengembang sempurna namun sudah berwarna kecoklatan berarti api yang kita gunakan terlalu besar.
  7. Setelah gulab jamun berwarna kecoklatan berarti tandanya matang. Angkat dan sajikan bersama sirup gula.
  8. Gulab jamun siap dinikmati.

Di negara-negara asalnya, gulab jamun merupakan hidangan penutup yang biasa disajikan setelah hidangan utama pada acara-acara makan bersama ataupun jamuan makan. Kudapan ini juga cocok dinikmati saat bersantai serta dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

Mungkin Anda Menyukai